Minggu, 06 September 2015

Keutamaan Qurban

Keutamaan Qurban
­čî╗Pengampunan dari Allah SWT :
Rasulullah saw telah bersabda kepada anaknya, Fatimah, ketika beliau ingin menyembelih hewan qurban. "Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan. Dan bacalah : Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah SWT, Rabb alam semesta. (HR. Abu Daud dan At-Tirmizi)
­čî╗Mencapai Keridhaan Allah SWT :
"Daging - daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah SWT , tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya…" (QS Al – Hajj :37)
­čî╗Amalan yang paling dicintai Allah SWT pada Hari Raya Idul Adha:
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Aisyah R.A, Rasulullah saw telah bersabda tentang keutamaan orang-orang yang melaksanakan ibadah qurban : "Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai Allah SWT dari Bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan qurban…(HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim)
­čî╗Hewan Qurban sebagai Saksi dihari Kiamat :
Rasulullah saw telah bersabda dalam sambungan hadits yang diriwayatkan Aisyah R.A: "Sesungguhnya hewan qurban itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan qurban telah terletak disuatu tempat disisi Allah SWT sebelum mengalir ditanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya." (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim)
­čî╗Mendapatkan Pahala yang besar & Mendapatkan Kebaikan dari setiap helai bulu Hewan Qurban :
Pahala yang amat besar, yakni diumpamakan seperti banyaknya bulu dari binatang yang disembelih, ini merupakan penggambaran saja tentang betapa besarnya pahala itu, hal ini dinyatakan oleh Rasulullah saw dalam sabdanya : "Pada tiap-tiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).
Dari Zaid ibn Arqam, ia berkata atau mereka berkata: "Wahai Rasulullah saw, apakah qurban itu?" Rasulullah saw, menjawab: "Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim as." Mereka menjawab: "Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu?" Rasulullah saw, menjawab: "Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan."Mereka menjawab: "Kalau bulu-bulunya?" Rasulullah saw, menjawab: "Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).
­čî╗Berqurban adalah Ibadah yang Paling Utama:
Berdasarkan hadits itu Imam Ahmad bin Hambal, Abu Zanad, dan Ibnu Taimiyah berpendapat, "Menyembelih hewan pada Hari Raya Qurban, Aqiqah (setelah mendapat anak), dan Hadyu (ketika Haji), lebih utama daripada shadaqah yang nilainya sama." (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi) Beliau juga menegaskan: "Ibadah harta benda yang paling mulia adalah menyembelih qurban, sedangkan ibadah badan yang paling utama adalah shalat…"
­čî╗Berqurban membawa Misi Kepedulian yaitu menggembirakan kaum dhuafa "Hari Raya Qurban adalah hari untuk makan, minum dan dzikir kepada Allah" (HR. Muslim)
­čî╗Berqurban adalah sebagian dari Syiar Agama Islam
"Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah SWT)" (QS Al-Hajj : 34)
­čî╗Mengenang ujian kecintaan dari Allah Swt kepada Nabi Ibrahim as :
Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim as, Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; Insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar". Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim as membaringkan anaknya atas pelipis (nya), (nyatalah kesabaran keduanya). Dan Kami panggillah dia: "Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar."(QS Ash-Shoffat : 102 - 107)
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar