Rabu, 07 Oktober 2015

Aspek-aspek Penilaian Supervisi Guru

Salah satu model Aspek-aspek Penilaian Supervisi Guru:

1. Kemampuan membuka pelajaran.
a. Menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Memberikan apersepsi
c. Mengkaitkan dengan pelajaran sebelumnya
d. Memberikan motivasi
e. Memastikan siswa siap mengikuti pembelajaran

2. Aspek umum (sikap guru) dalam pembelajaran.
a. Suara terdengar jelas
b. Pemilihan kalimat yang tidak bias
c. Mimik muka ramah
d. Berpakaian rapih
e. Tampak percaya diri
f. Antusias dalam menjelaskan
g. Pergerakan melingkupi seluruh kelas (mobilitas dan pandangan melingkupi seluruh kelas)
h. Pandangan melingkupi seluruh kelas
i. Gerakan badan selaras
j. Gerak badan tidak mengganggu perhatian siswa

3. Penguasaan bahan ajar (materi pembelajaran)
a. Penyampaian materi sesuai dengan perencanaan
b. Penyampaian materi terstruktur
c. Penyampaian mudah dipahami
d. Tampak menguasai materi dengan baik
e. Menggunakan contoh-contoh yang relevan dengan pembelajaran
f. Menggunakan contoh yang berfungsi sebagai penjelas
g. Tidak tampak adanya salah konsep
h. Tampak memiliki wawasan yang luas tentang materi disertai dengan informasi yang up-to-date atau mengkaitkan dengan pengetahuan lain
i. Menggunakan pengetahuan yang up-to-date saat menjelaskan
j. Materi yang disampaikan didasarkan pada referensi yang jelas
k. Materi yang disampaikan bisa dipertanggung jawabkan

4. Proses pembelajaran.
a. Menggunakan pendekatan Cooperative learning dan atau collaborative learning dan atau problem based learning
b. Pendekatan pembelajaran relevan dengan tujuan pembelajaran
c. Menggunakan metode pembelajaran yang relevan dengan tujuan
d. Menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan
e. Langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan metode pembelajaran
f. Langkah-langkah pembelajaran bersifat logis
g. Memberikan penekanan pada konsep-konsep penting
h. Memberikan penjelasan pada istilah-istilah yang tidak familiar dengan siswa
i. Memperhatikan keberagaman siswa
j. Memperhatikan gaya belajar
k. Membangkitkan rasa ingin tahu siswa
l. Melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi
m. Tampak menguasai kelas
n. Melibatkan siswa dalam pembelajaran
o. Merespon positif partisipasi aktif siswa
p. Memastikan siswa menguasai konsep dengan baik sebelum masuk ke konsep baru

5. Penggunaan media dan sumber pembelajaran.
a. Menggunakan media pembelajaran yang variatif (lebih dari 2 media)
b. Menggunakan media pembelajaran yang interaktif
c. Memiliki kemampuan menggunakan media pembelajaran yang akan digunakan
d. Media pembelajaran relevan dengan tujuan pembelajaran
e. Menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi
f. Media pembelajaran mudah dipahami siswa
g. Media pembelajaran fokus pada aspek yang dipelajari
h. Media pembelajaran tidak bersifat multi tafsir
i. Media pembelajaran bersifat menarik minat siswa
j. Media pembelajaran digunakan secara efektif
k. Menggunakan minimal 2 sumber belajar
l. Sumber belajar bersifat up-to-date
m. Sumber belajar relevan dengan tujuan pembelajaran

6. Evaluasi pembelajaran.
a. Evaluasi relevan dengan tujuan pembelajaran

b. Bentuk dan jenis evaluasi bervariasi (minimal 3 jenis evaluasi)
c. Melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi
d. Ada tindak lanjut dari evaluasi yang dilakukan

7. Kemampuan menutup pembelajaran.
a. Melakukan review materi yang diajarkan
b. Memberikan kesimpulan dari materi yang telah diajarkan
c. Menyampaikan informasi materi atau kegiatan selanjutnya
d. Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengajukan pertanyaan

8. Penataan ruang/area pembelajaran.
a. Desain ruang/area relevan dengan tujuan dan metode
b. Ruang/area pembelajaran dalam keadaan aman dari hal yang membahayakan siswa
c. Ruang pembelajaran dalam keadaan sehat
d. Ruang pembelajaran bebas dari sampah
e. Penataan ruan/area tidak mengganggu mobilitas Guru dan Siswa
f. Penataan ruang/area mendukung terwujudnya pembelajaran yang interaktif
g. Peralatan ruang/area mendukung terwujudnya pembelajaran yang interaktif dinamis

9. Interaksi pembelajaran.
a. Guru melakukan upaya yang berarti pada seluruh siswa untuk memahami konsep yang diajarkan
b. Guru memberikan pertanyaan pada siswa
c. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mengajukan pertanyaan
d. Guru memberikan jawaban yang sesuai dan informatif
e. Antara guru dan siswa terjadi dialog yang interaktif

10. Internalisasasi nilai-nilai Islam dan karakter.
a. Materi yang disampaikan tidak mengandung muatan yang merusak prinsip-prinsip ke-Islaman
b. Materi yang disampaikan tidak menanamkan ideologi yang
c. Memberikan keteladanan dan menanamkan perilaku Islami
d. Menananmkan salah satu indikator atau sub indikator SMART
e. Dalam pembelajaran, guru menyampaikan kisah-kisah yang inspiratif
f. Mengawali, mengisi dan menutup pembelajaran dengan do'a, salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar