Kamis, 19 Januari 2017

Informasi Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru Pendidikan Menengah Tahun 2017

Lomba Karya Inovasi Pembelajaran adalah kegiatan lomba yang diikuti oleh guru SMA dan SM K untuk berkompetisi pada tingkat nasional dalam penyusunan karya inovatif. Karya inovatif tersebut diharapkan mampu memecahkan masalah dalam proses pembelajaran sesuai dengan tugas dan fungsi guru untuk meningkatkan mutu hasil belajar peserta didik.

K etentuan Mengikuti Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah
1. Seleksi Proposal
a. Peserta adalah Guru SMA dan SMK baik Negeri maupun Swasta yang masih aktif , memiliki NUPTK dan melampirkan surat rekomendasi dari kepala sekolah.
b. Peserta b elum pernah menjadi juara 1, 2, atau 3 Guru SMA dan SMK Berprestasi Tingkat Nasional, Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa, Lomba Inovasi Pembelajaran, Lomba Olimpiade Guru Nasional, untuk tahun 2014, 2015, atau 2016. 5
c. Proposal dalam bentuk pdf dan dikirim melalui laman http://kesharlindungdikmen. id
d. Tidak mengajukan karya inovasi yang sama pada kegiatan sejenis yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (tidak boleh penelitian skripsi, tesis, disertas i, atau penelitian yang telah dipublikasikan sebelum kegiatan ini) .
e. Setiap peserta hanya diijinkan mengirim 1 (satu) naskah karya ilmiah inovatif.
f. Proposal yang dikirimkan kepada Panitia tingkat nasional belum pernah diikutkan dalam berbagai lomba. g. Proposa l yang dikirim bukan merupakan hasil penelitian skripsi, tesis, atau disertasi .
h. M etode penelitian yang digunakan dapat berupa Penelitian T indakan K elas, E ksperimen tal , atau Penelitian dan Pengembangan (R&D) (lihat ketentuan penulisan proposal ).
 i. Proposal p enelitian yang dikirimkan harus memenuhi sistematika penulisan dan kelengkapan pendukung sesuai persyaratan yang telah ditentukan.
j. Mengirimkan proposal secara online sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan oleh Panitia.
k. Karya inovasi harus asli (b etul - betul dibuat sendiri oleh peserta dan bukan plagiat) .
l. Jumlah halaman proposal maksimum 20 (duapuluh) halaman tidak termasuk lampiran.
m. Apabila ada dokumen pendukung dalam bentuk video pembelajaran dapat di email ke kesharlindung.dikmen@gmail.com (video berdurasi maksimal 20 menit).


SISTEMATIKA PENULISAN KARYA
1. Penulisan Proposal
HALAMAN JUDUL (Berisi Tentang Judul Dan Nama Penulis, Lembaga Asal, catatan judul yang baik tidak lebih dari 15 kata)
PERNYATAAN KEAS LIAN DAN BEBAS PLAGIASI (Surat pernyataan tentang keaslian tulisan dan bebas plagiasi yang harus ditulis dan ditanda tangani di atas materai 6000)
HALAMAN PENGESAHAN (Surat pernyataan tentang keaslian tulisan dan bebas plagiasi yang harus ditulis dan ditan da tangani di atas materai 6000)
PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR GAMBAR
ABSTRAK 11
BAB I. PENDAHULUAN ( Berisi latar belakang, pertanyaan penelitian, tujuan dan manfaat)
BAB II. LANDASAN TEORI/TINJAUAN PUSTAKA (Berisi teori - teori dan penelitian yang mendukung karya inovasi pembelajaran)
BAB III. METODE PENELITIAN (Berisi pendekatan , desain, setting, populasi/sampel (unit analisis) , validitas dan reliabilitas (Keabsahan data) , teknik pengumpulan data, analisis data)
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BIO DATA

2. Penulisan Laporan Penelitian
HALAMAN JUDUL (Berisi Tentang Judul Dan Nama Penulis, Lembaga Asal, catatan judul yang baik tidak lebih dari 15 kata)
PERNYATAAN KEASLIAN DAN BEBAS PLAGIASI (Surat pernyataan tentang keaslian tulisan dan bebas plagiasi y ang harus ditulis dan ditanda tangani di atas materai 6000)
HALAMAN PENGESAHAN (Surat pernyataan tentang keaslian tulisan dan bebas plagiasi yang harus ditulis dan ditanda tangani di atas materai 6000)
PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR GAMBAR
ABS TRAK
 BAB I. PENDAHULUAN ( Berisi latar belakang, pertanyaan penelitian, tujuan dan manfaat)
BAB II. LANDASAN TEORI/TINJAUAN PUSTAKA (Berisi teori - teori dan penelitian yang mendukung karya inovasi pembelajaran)
BAB III. METODE PENELITIAN (Berisi pendeka tan, desain, setting, populasi/sampel (unit analisis), validitas dan reliabilitas (Keabsahan data), teknik pengumpulan data, analisis data)
BAB IV. HASIL DAN PEMBAHASAN (Berisi penyajian data, temuan, pembahasan)
BAB V. SIMPULAN DAN SARAN (Berisi pembukt ian dari hipotesis (jawaban pertanyaan penelitian) dan berdasarkan kesimpulan dirumuskan saran - saran)
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BIODATA

3. Ketentuan Penulisan Karya tulis ilmiah harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :
a. Ditulis dengan huruf Arial/Albertus Mt LT ukuran huruf (font) 12pt pada kertas HVS ukuran A4, diketik 1,5 spasi dengan mengikuti sistematika yang telah ditentukan.
b. Jumlah halaman proposal penelitian maksimum 20 (duapuluh) halaman dan laporan penelitian maksimum 40 (empat puluh) halaman , t idak termasuk lampiran.
c. Laporan penelitian d ijilid warna Hijau untuk SMA dan Merah untuk SMK
d. Dilampiri surat “Pernyataan Keaslian” yang disahkan kepala sekolah
e. Melampirkan biodata atau CV penulis
f. Karya yang telah dikirim sepenuhnya menjadi hak milik panitia


Klik di sini untuk melihat Surat Edaran mengenai Lomba Inovasi Pembelajaran  bagi Guru Pendidikan Menengah Tahun 2017


Klik di sini untuk melihat Pedoman Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan menengah Tingkat Nasional Tahun 2017