Senin, 15 Mei 2017

Dapatkah Guru Mendorong Siswa Bertanya Sebelum Mereka Mempelajari Sesuatu?

Belajar kini dimulai dengan bertanya, bukan mendengarkan penjelasan mengenai sesuatu  dari orang lain. Dorongan itu tumbuh dari rasa ingin tahu. 

Yang mesti guru pikirkan, bisakah guru melatih dan mendorong siswa bertanya sebelum mereka mempelajari sesuatu. 

Berikut disajikan beberapa model pertanyaan yang dapat siswa kuasai melalui latihan menanya yang berulang-ulang sehingga membentuk kebiasaan baru. Belajar merupakan proses untuk menjawab pertanyaan yang tumbuh dari dirinya sendiri.

Berikut contoh taksonomi yang disajikan dalam bentuk pertanyaan:

Dalam beberapa hari terakhir, sebagai pengawas sy melakukan pemantauan keterpenuhan standar soal untuk ujian kenaikan kelas. Fokus utama pemantauan adalah meningkatkan penjaminan bahwa sekolah (guru-guru) menyajikan soal yang proporsional dan valid. Proporsional berkaitan dengan komposisi soal sulit, sedang, dan mudah. Juga proporsi fakta, konsep, prosedur dan metakognisi. Vilid berkaitan dengan pengukuran menyangkut kompetensi yang seharusnya diukur.

Acuan pemantauan sy coba dengan menggunakan kompetensi yang seharusnya siswa kuasai. Guru didorong memiliki asumsi bahwa siswa mampu berpikir dan menanya seperti contoh berikut.

Pertanyaan untuk Mengingat: 
1) Apakah itu…….? 
2) Dimanakah….? 
3) Kapan…..terjadi?
4) Siapakah pelaku utamanya…? Yang mana….? 
5) Dapatkah saya mengungkapkan kembali arti …? 
6) Bagaimana kejadiannya….?
7) Bisakah saya menceritakan kembali …?

Pertanyaan untuk Memahami: 
1) Bisakah saya mengelompokan jenis…? Apakah bisa melihat perbedaan .... dengan....?
2) Apakah saya bisa mengungkapkan kembali hasil pemikiran itu dengan kata-kata saya sendiri…?
3) Bisakah saya menuliskan cara menyelesaikan....?
4) Apa gagasan utama…?
5) Pernyaan mana yang mendukung…? Pernyatan mana yang melemahkan ...?
6) Bagaimana meringkas meringkas….. sehingga menjadi rumusan baru?

Pertanyaan untuk Menerapkan
1) Bagaimana saya menggunakan…? 
2) Bagaimana saya memecahkan…. ?
3) Bagaimana menggunakan  media ....agar saya dapat menerapkan....?
4) Contoh apa yang dapat saya temukan untuk…?
5) Bagaimana saya menyusun …untuk menunjukkan…?
6) Bagaimana saya menerapkan …. yang saya pelajari?
7) Bagaimana tahap kegiatannya ... sehingga saya dapat membuat ini?
8) Apa ada cara lain yang akan gunakan untuk…?
9) Apa yang akan terjadi jika…? Dapatkah saya menggunakan informasi ini untuk…?
10) Bahan apa saja yang akan saya gunakan untuk mengubah…?

Level Berpikir Tinggi (Higher Order Thinking/HOTS)
     
Pertanyaan Untuk level Analisis
1. Apa yang menjadi bagian dari…? 
2. Bagaimana…..terkait dengan… sehingga ..... berfungsi baik?
3. Bagian mana yang ........? Apa yang mendorong saya untuk mengetahui......?
4. Dapatkah saya menulikan daftar bagian-bagian…? 
5. Kesimpulan apa yang bisa saya rumuskan gambar…? –
6. Dapatkah saya mengidentifikasi bagian-bagian yang berbeda…?
7. Bukti-bukti  apa yang bisa saya temukan….? 
8.  Apakah ada  hubungan antara…?
9.  Hal apa manakah yang membedakan keuatan.....dengan .....?
10.  Apa fungsi.....? 
11.  Apa buktinya...?
12.  Apa pendapat saya...? 
13.  Menurut asumsi saya …? 
14.  Apa pernyataan yang sesuai  mengenai....?
15.  Apa motif di balik ....?
16. Kesimpulannya....?
17.  Apakah keyakinan pengarang di balik teks.....?
18. Apa ada hubungan antara.... dengan....? 

Pertanyaan untuk Level Evaluasi: 
1. Apa yang akan terjadi jika ...? Dapatkah alasannya ...?
2. Bagaimana ....beradaptasi.... untuk membuat menjadi kondisi yang lebih  ...?
3. Apa yang sebaiknya dilakukan ...? Bagaimana mengujinya...?
4. Bagaimana memperkirakan hasil ...? Apa yang bisa dilakukan untuk meminimalkan kegagalan…?
5. Dapatkah Anda membangun sebuah model yang akan mengubah ...? • 
6. Bukti apa yang bisa Anda temukan ...? • Apa hubungan antara ...?
7. Dapatkah Anda membuat perbedaan antara ...? • Apa fungsi dari
8. Apakah ..... menjadi solusi yang lebih baik?
9. Apakah ...... baik atau buruk?
10. Apakah ...... dapat dipercaya?
11. Bagimana ..... bisa menjadi yang baik?
12.  Apakah konsekuensi dari.....?
13. Mengapa .... sebagai sesuatu yang bernilai?
14. Apakah ....  sebagai pilihan yang lebih baik?
15. Bagaimana akan mengevaluasi  ...? 
16. Bagaimana cara membandingkan ...  teman-teman?Mana yang lebih baik?

Pertanyaan Level Berkreasi :
1. Apakah saya dapat mendesain ....?
2. Apakah saya dapat melihat ada data yang lebih mendukung memecahkan....?
3. Dapatkah menggunakan teori ..... untuk memecahkan masalah ....?
4. Dapatkah anda menemukan solusi untuk .... ?
5. Apabila kekuatan baru , bagaimana cara anda mengatasi ....?
6. Apa resiko yang harus dihadapi jika....?
7. Berapa banyak cara untuk mengatasi.....?
8. Dapatkah ada id
 e baru yang dapat digunakan ....?
9. Bagaiman cara menguji ..... untuk membuktikan dapat kita pilih?
10. Ajukan alternatif ......Apakah tak bertentangan dengan aturan?

Seandainya siswa dapat bertanya seperti itu, maka berpikir level rendah dan tinggi dapat mereka realisasikan. Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar