Senin, 08 Mei 2017

Perkembangan Kehidupan Rumah Tangga Suami Istri

Ada lima perkembangan kehidupan rumah tangga (suami istri) : 
1. Romantic Love (Bulan Madu).
Tahap ini dicirikan oleh suasana yg penuh romantika, kemesraan dan hubungan yg serba indah. Waktu yg dialami pasangan pd tahap ini antara 3 - 5 tahun. Ungkapan yg tepat utk menggambarkan periode ini adalah "I Love You Full". Baik suami maupun istri seolah-olah tak melihat kekurangan masing2. Saran dr ust . Cahyadi utk fase kedua ini, pertahankan romantic love ini seoptimal mungkin agar suami istri bisa selalu merasakan "kebahagiaan" tsb.
2. Dissappoinment or Distress.
Berbeda dg tahap pertama, pd tahap ini kesalahan kecil saja yg nampak dr pasangan akan menjadi "masalah"
Suami istri akan saling menyalahkan satu sama lain. Pd fase ini muncul pertanyaan, kok pasangan sy begini ya? Suami kecewa dg kondisi istri krn tdk seperti yg dibayangkan sebelumnya, begitu pula sebaliknya. Maka disarankan utk melewati tahap ini secepat mungkin agar tdk berlarut-larut menjadi masalah yg besar. 
3. Knowledge and Awareness.
Tahap ketiga ini telah ada pengenalan dan pengetahuan dr kedua belah pihak. Mereka lbh saling mengerti karakter dan kepribadian masing2. Ungkapan yg muncul adalah, Oh Kamu Begitu Ya? Selanjutnya muncul  perenungan dan kesadaran utk membangun kualitas rumah tangga yg lbh baik.                                                    
4. Transformation.
Tahap ini bercorak kematangan hubungan. Pd tahap ini pasangan bisa semakin menghayati makna kehidupan berumah tangga. Mulai tumbuh penghormatan dan pemuliaan yg tulus kpd pasangan. Bermula dari pengenalan, pemahaman, pengertian dan akhirnya bertransformasi menjadi kedewasaan dlm berinteraksi. Pada fase ini muncul ungkapan : Aku Semakin Membutuhkanmu.
5. Real Love.
Tahap ini bercorak kesejiwaan antara suami istri. Istilah "rahmah" tepat menggambarkan situasi hubungan pasutri pd tahap ini. Aku mencintai mu seperti apapun dirimu. Suami dan istri seakan sdh menyatu dlm kedalaman cinta sejati yg menyatukan mereka hingga mati.

Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bish shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar