Selasa, 22 Agustus 2017

Pesta Sains Islam

Assalamu'alaikum wa rahmatullah

Pesta Sains Islam, dari 10 kategori yang direncanakan, di antaranya adalah IoT, Internet of Things. Kami ingin melatih pemuda/remaja masjid agar bisa menjadikan masjid/mushola sebagai MAKER SPACE, ruang tempat bertemunya pemuda/remaja untuk ngoprek ... sebagai contoh Air Quality Monitoring ini.

Yang bisa menjadikan masjid/mushola nantinya bisa mengirimkan data kualitas udara ke suatu portal bersama, menjadi bagian dari gerakan global dalam menjaga lingkungan hidup. Bukankah seharusnya sebagai KHALIFAH FIL ARDH, kitalah yang harusnya memimpin gerakan lingkungan hidup? Mengapa dengan banyak ilmu yang kita miliki, kepemimpinan dipegang Green Peace, WWF dll ?


Cukup tidak mainstream, bahwa pemuda/remaja semakin jarang yang bersedia "bekerja, bekerja, bekerja". Aksi lebih sering dimaknai sebagai menuntut, dan meminta. Pesta Sains Islam inginkan pemuda/remaja masjid yang selain bisa berkarya dan bekerja.

Panitia, melalui infaq/shodaqoh yang dikumpulkan menyediakan dana untuk pengadaan modul-modul IoT seperti Arduino UNO, sensor temperatur dan kelembaban DHT11, sensor kualitas udara MQ131, modul GPRS SIM800L dll. Gratis, selama persediaan masih ada.  Hanya bagi pemuda/remaja masjid yang siap menjadi Khalifah Fil Ardh, dibantu bimbingan dan dengan seleksi panitia Pesta Sains Islam.

Kategori lain selain IoT adalah korupsi, kerusakan sungai, konservasi biodiversivitas, web/mobile/data mining, education game, enterpreneurship, pangan dan perdesaan. Silahkan informasikan hal ini ke pemuda/remaja masjid di dekat rumah masing-masing. Dan ajukan diri ke panitia Pesta Sains islam di WA 085776971021.

Tersedia hadiah dalam kegiatan Pesta Sains Islam ini. Lembaga-lembaga Islam dipersilahkan dengan terbuka berkolaborasi menghidupkan kegiatan Pesta Sains Islam bersama www.sekolah7inci.org

Wassalamu'alaikum wa rahmatullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar