Kamis, 28 September 2017

Rundown Perkemahan Literasi Nasional 2017


TEMA : LITERASI MEMBANGUN KARAKTER WARISAN TERBAIK UNTUK BANGSA. 

1. Bagaimana cara mengembangkan minat baca anak agar anak termotivasi terus sesuai umur dan tahap perkembangannya, melalui materi Gerakan Literasi Sekolah bersama Narasumber Bunda Dewi Utama Fayza.  (Satgas GLS Kemdikbud RI ) 

2. Lemahnya sebuah peradaban akibat layunya nilai-nilai integritas dalam diri.  Mari kita tanamkan nilai-nilai integritas sejak dini dan cara membangun kejujuran dengan mengikuti materi  Literasi Anti Korupsi yang akan disampaikan oleh Kak Sandry Justiana, ( Bidang Dikyamas KPK RI ) 

3. Literasi tidak hanya sebatas baca dan tulis,  tapi Literasi juga merupakan ekspresi untuk membangun kepercayaan dan pengetahuan disegala bidang,  misal ekspresi musik,  mendongeng, puisi dan lain sebagainya.  Lebih jelas akan disampaikan oleh Pegiat Literasi, Zona Literasi Ekspresi yang dibangun oleh Forum Indonesia Muda (Fim Sumbar) bersama Kakak-Kakak Kece, Rifky Satria Jamal,  Elis Siti Thoyibah ,  Rona Mentari dan Nuraini Afifah. ( Founder Zona Ekspresi Literasi,  Sumatera Barat ) 

4. Gerakan Literasi Nasional (GLN)  tidak hanya dipandang sebagai sebuah program instan namun perlu langkah dan aksi nyata untuk mendongkraknya.  Gerakan Literasi Nasional akan dilalui beberapa tahap sesui peruntukannya.  Materi ini akan dipandu oleh Kak Aulia Wijiasih ( Bidang PMP, Kemdikbud RI) 

5. Membangun sebuah komunitas perlu kesabaran tingkat tinggi apalagi komunitas bidang literasi yang belum banyak menjamah hati kita,  Tekhnik dan cara membangun komunitas serta jaringan akan diceritakan banyak oleh Kak Gufron Amirullah, Budi Firmansyah ( Pendiri REM15) dan Kak Nursyda Syam (Pendiri Club Baca Perempuan, KLU-NTB)  dalam kisah Impact Literasi Membangun Peradaban. 

6. Agar tidak salah persepsi,  Gerakan Literasi Sekolah (GLS) tidak hanya duduk membaca saja namun perlu gerakan ritmis untuk memberikan stimulus otak,  Nah... Ini yang menarik,  Berbagi Praktek Baik Gerakan Literasi, yang akan dipandu oleh Kak Dharma Sastra (Kepala SDN 037 Tarakan dan Pembina Forum Guru Tapal Batas, Kalimantan Utara). 

7. Untuk membuktikan bahwa kita ada pada saat ini, tidak cukup dengan bercerita namun perlu dibuat catatan atau tulisan sebagai karya monumental yang selalu dikenang sepanjang zaman.  Bagaiamana cara memulai menulis?  menulis pakai hati agar brasa hasilnya. Acara ini akan dikupas tuntas oleh Peneliti Muda Indonesia, Kak Evan Ys  ( Badan Bahasa Kemdikbud RI). 

8. Nah... Selama kegiatan tentu merasa jenuh,  dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada,  kami akan menggelar kegiatan Outbound untuk semua peserta, lokasinya di Taman Wisata Kadindi, kerena lokasi tersebut terdapat hutan dengan airnya yang cukup jernih,  Brasa dinginnya bak daearah kutub,  dan tempatnya ekstirim (bukan seram). 

Demikian rangkaian acara yang akan digelar di Perkemahan Literasi Nasional,  pada tanggal 13 -  15 Oktober 2017,mendatang.

Yuk... daftarkan diri Anda, melalui panitia kami, Kak Seno Bimo, Iin Tambora, Tris Sulastri, Uni Rosalina, Yani Sakura dan Kak Fanny Ferlina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar