Rabu, 06 November 2019

Permasalahan Sosial


Standar
6. Siswa akan belajar menganalisis permasalahan sosial

Kompetensi Dasar
6.1.0 Menganalisis permasalahan sosial dalam kaitannya dengan pengelompokan sosial dan kecenderungan eksklusi sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis
6.2.0 Memberikan respon mengatasi  permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat dengan cara memahami kaitan pengelompokan sosial dengan kecenderungan eksklusi dan timbulnya permasalahan sosial

Indikator Pencapaian Kompetensi
5.1.0.1 Menganalisis permasalahan sosial
5.2.0.1 Memberikan respon mengatasi  permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat


Masalah sosial adalah gejala abnormal dalam masyarakat. Gejala abnormal merupakan gejala yang tidak dikehendaki oleh masyarakat. Gejala tersebut disebabkan karena unsur-unsur masyarakat tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya sehingga menyebabkan kekecewaan-kekecewaan dan penderitaan.
Masalah sosial berbeda dengan masalah lainnya dalam masyarakat karena masalah sosial berhubungan erat dengan nilai-nilai sosial dan lembaga-lembaga sosial. Masalah tersebut bersifat sosial karena bersangkut-paut dengan hubungan antarmanusia.
Setiap masyarakat mempunyai ukuran yang berbeda untuk menentukan apakah suatu gejala sosial bisa dikatakan sebagai masalah sosial atau tidak. Misalnya soal gelandangan, menjadi masalah di kota-kota besar Indonesia; namun belum tentu menjadi masalah di tempat lain.



Tugas
1.    Carilah contoh permasalahan sosial akibat kepentingan pribadi tidak berkesesuaian dengan kepentingan publik.
2.    Jelaskan sikap terbaik dalam menghadapi dilema partikularisme kelompok dengan kepentingan publik.

Diskusi Kelompok
1.    Carilah contoh permasalahan sosial di ranah publik dalam bidang ekonomi atau politik atau pendidikan.
2.    Jelaskan dampak permasalahan sosial tersebut terhadap kehidupan publik.
3.    Berikanlah solusi pemecahan masalah sosial tersebut untuk mencapai kehidupan publik yang lebih baik. Sertakan solusi yang ditawarkan oleh ajaran Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar